Minggu, 20 November 2016

Makanan khas bandung

Makanan Khas Bandung Paling Terkenal dan Enak

Makanan Khas Indonesia, Makanan Khas Bali, Makanan Khas Bandung.

Makanan Khas Indonesia, Makanan Khas Bali, Makanan Khas Bandung, Makanan Khas Surabaya, Makanan Khas Jawa Barat, Makanan Khas Daerah, Makanan Khas Jawa Tengah, Makanan Khas Maluku, Makanan Khas Jawa Timur, Makanan Khas Sunda.


 

Hallo sobat, siapa yang pernah pergi ke Bandung? Atau malah ada yang tinggal disana beberapa waktu? Pasti tahu dong apa saja makanan khas Bandung? Kebangetan banget kalau mengaku pecinta kuliner Indonesia tidak mengenal makanan khas dari daerah Bandung. Kenapa mesti Bandung? Sebab Bandung adalah sebuah kawasan di Indonesia yang memiliki beragam kuliner dengan cita rasa dan sajian yang khas dan menarik.
Bandung selain terkenal sebagai Paris nya jawa atau Paris Van Java karena di kota Bandung sering menjadi awal muncul nya model-model fashion yang akhirnya menjadi terkenal di Indonesia, Bandung juga dikenal dengan berbagai kuliner unik yang tidak ada ditempat lain. Hal ini tentu saja karena masyarakat Bandung yang populer dengan inovisnya atau suka berinovasi. Makanya tidak heran di Bandung bertebaran aneka kuliner khas yang enak dan menarik.
Apa saja ya kira-kira? Kalau mau menyebutkan satu per satu makanan khas Bandung, pasti nantinya akan menjadi banyak, karena memang cukup banyak makanan khas dari Bandung. Seminggu full mengubek makanan enak di Bandung tidak bakalan habis.

Makanan Khas Bandung Paling Terkenal dan Enak


1. Batagor

Makanan khas Bandung satu ini pasti tidak asing di telinga sobat, karena hampir di setiap sudut terdapat jajanan yang dinamakan Batagor. Apalagi buat sobat yang masih sekolah, disetiap sekolah pasti menyajikan jajanan khas satu ini. Namun kebanyakan yang beredar di sekolah sekolah memiliki cita rasa yang berbeda dengan batagor asli Bandung. Kalau sobat mencoba batagor asli Bandung, pasti akan mendapatkan cita rasa unik dan lain dari pada Batagor biasanya. Kenapa makanan khas Bandung ini dinamakan dengan batagor? Coba sobat lihat bentuknya, pasti kelihatan seperti bata yang digoreng sehingga berwarna coklat. Ada yang menyebut asal usul batagor demikian, berbeda dengan wikipedia yang menyebutkan asal mula nama batagor  adalah dari kata bakso, tahu goreng. Masuk akal juga sih, karena batagor berbahan utama tahu dan isianya adalah siomay.

2. Brownies Bandung

Oleh-oleh khas Bandung ini wajib sobat bawa jika berkunjung ke Bandung. Selain rasanya yang yumi, juga kue ini memiliki bentuk dan jenis yang bermacam-macam.Brownies Bandung yang paling terkenal adalah brownies kukus Bandung. Seperti namanya, brownies kukus dimasak dengan cara mengukus. Brownies sangat digemari oleh semua kalangan baik anak-anak, orang tua maupun muda. Brownies juga cocok dijadikan sebagai penganan untuk sajian pada saat upacara resmi. Jika sobat ingin memberikan hadiah bagi orang terkasih, cukup dengan membeli sebuah kue brownies maka akan menjadi hadiah terindah bagi orang yang sobat kasihi. Ada yang belum pernah makan kue brownies? Namanya brown ya pasti berwarna coklat, warna coklat gelap dan biasanya dibalut dengan berbagai macam lapisan seperti krim dan aneka buah seperti strowberry. Rasanya, dominan rasa coklat dan pastinya lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia. So, cobalah salah satu makanan khas Bandung ini, pasti suka. Tempat penjualan brownis kukus yang terkenal ada di brownis Amanda, tepatnya di Jalan Emung serta Jalan Antapani atau di dekat kantor pusat nya yaitu di Jl. Rancabolang No. 29 Bandung.

3. Cireng


Makanan khas Bandung lainnya adalah Cireng atau kepanjangan dari aci digoreng. Ternyata cireng asli Bandung dengan cireng yang ada di daerah-daerah sangat berbeda. Cireng memiliki bentuk yang khas dengan aroma dan rasa yang khas pula. Cireng terbuat dari tepung kanji (aci) yang kemudian diberikan adonan tertentu selanjutnya di iris tipis-tipis dan digoreng. Paling enak jika disantap bersama dengan sambal, saus ataupun kecap. Dulu mungkin cireng hanya memiliki sedikit variasi rasa dan saat ini cireng memiliki berbagai macam rasa seperti ayam, daging, abon, keju dan lainnya. Tentu saja variasi tersebut sangat pas buat sobat dijadikan sebagai santap ringan bersama keluarga

4. Peyeum


source:sepanjangjk.wordpress.com
Peyeum Bandung adalah salah satu makanan khas tradisional daerah Bandung, berbeda dengan brownies yang merupakan makanan modern dari Bandung. Peyeum adalah sejenis tape singkong yang cara membuatnya seperti tape pada umumnya. Hanya saja tape di tempat lain singkong yang akan digunakan dipotong-potong terlebih dahulu, kalau peyeum singkong yang akan diproses secara utuh tanpa dipotong terlebih dahulu. Jika sobat sedang melakukan traveling ke daerah Jawa Barat pasti akan ditemukan banyak sekali penjual peyeum. Karena peyeum juga menjadi salah satu makanan khas jawa barat.
Kalau mau mencari peyeum di daerah Bandung, tidak perlu susah-susah karena banyak penjual oleh oleh khas Bandung yang menyediakan peyeum.

5. Colenak


source:pinterest
Setelah tadi kami berikan peyeum sebagai makanan khas Bandung, ada makanan lain yang dibuat dengan bahan utama peyeum. Nama makanannya adalah colenak yang juga menjadi satu kuliner tradisional Bandung karena sudah ada berpuluh tahu lalu. Cara membuat colenak adalah dengan membakar peyeum bersama dengan saus yang biasanya terbuat dari parutan buah kelapa dan gula merah (jawa). Kenapa dinamakan dengan colenak, ada yang bisa menjawab? Seperti makanan khas Jawa Barat pada umumnya yang identik dengan singkatan, colenak juga kepanjangan dari dicocol enak.
Pasti penasaran kan dengan rasa colenak? Makanya segera dapatkan dan langsung dicoba.

6. Cimol


source:juraganilmu.blogspot.com
Memang unik dan kreatif kalau orang Bandung membuat makanan dan memberikan nama, selain cireng, colenak, ada makanan lain yang merupakan singkatan yaitu cimol, kepanjangan aci digemol. Bagi sobat yang baru dengar gemol, artinya ya dibuat bulat bulat. Seperti cireng, cimol juga terbuat dari aci (tepung kanji) yang dicampur dengan bumbu tertentu kemudian dibentuk menjadi bulat bulat. Setelah itu bulatan-bulatan digoreng. Setelah digoreng selanjutnya ditaburi dengan bumbu kering yang berwarna coklat dan kemerahan.

7. Siomay


source:duniainter.net
Tidak ketinggalan makanan khas Bandung yang satu ini harus sobat coba yaitu siomay Bandung. Apa sebab? Siomay Bandung adalah makanan terlezat yang bisa sobat nikmati saat lapar. Siomay Bandung istimewa karena siomay Bandung terdiri dari bermacam bahan. Ada ikan tengiri, telur, daun kol, siomay yang terbuat dari aci, semua digabung menjadi satu dan disiram dengan bumbu kacang yang rasanya super lezat. Untuk menambah selera bisa ditambah dengan perasan jeruk nipis, saus ataupun kecap.

8. Seblak

Seperti namanya, makanan ringan khas Bandung ini akan membuat sobat meledak kepedesan. Seblak terbuat dari kerupuk yang direbus tidak sampai matang kemudian diracik dengan bumbu khusus. Bumbu khusus tersebut terbuat dari kencur, bawang putih, penyedap rasa dan yang membuat pedas adalah cabai. Sekarang seblak memiliki berbagai macam variasi rasa dan penampilan. Selain kerupuk ada juga seblak dengan bahan utama ceker ayam, juga tahu. Mau makan seblak, datang saja ke Bandung selain tempat wisata bandung yang bertebaran, kuliner khas Bandung juga menarik perhatian.

2 komentar: